Senin, 17 November 2008

Masalah Installasi Windows XP SP-2 Ke Laptop HP

Artikel Untuk pengguna Laptop HP.
Buat MARIA & Igid
masih ingat beberapa waktu lalu, kita kesulitan ngebuang Virus BAD 1-3 ? nyerah semua kan...
akhirnya kita putuskan untuk instal ulang Laptop maria..
eh.... ternyata ga bisa di instal :D

sekarang saya tau, kenapa ga bisa di install.
ternyata pertama-tama kita harus di ubah dulu settingan Hardisk dari SATA RAID ke IDE, baru bisa instal OS XP SP-2
Pada saat booting pertama di Laptop HP tekan tombol F10, lalu masuk ke settingan BIOS di TAB System Configuration -> SATA Native Mode, itu di disable dulu. Trus simpan dengan tekan F10 -> yes.

setelah itu proses instalasi berjalan normal.

Ada masalah lagi saat install driver, untuk itu silahkan baca artikel yang saya salin dari http://pramestyani.wordpress.com

DOWNLOAD DRIVER >>

1. Pencarian Driver.
Ini berkaitan dengan ketidaktersediaan driver pada CD yang diberikan sebagai paket dari pembelian. Ternyata driver yang ada pada CD belum cukup terupdate untuk V3660 yang merupakan salah satu versi terbaru dari V3000.

Bagi pengguna yang terbiasa menginstall OS pada hardisk tanpa fasilitas RAID SATA ataupun hardisk SATA RAID dengan fasilitas BIOS yang bisa men disable fasilitas tersebut, maka sedikit usaha perlu dilakukan untuk menginstall OS XP pada hardisk dengan SATA RAID.

Salah satu usaha yang perlu dilakukan adalah mencari driver yang sesuai untuk hardisk SATA laptop ini. Pastinya situs yang saya tuju pertama kali adalah situs resmi HP Compaq, dan saya menemukan halaman download driver untuk V3660, tapi ternyata, pada halaman tersebut tidak terdapat driver untuk hardisk SATA RAID.

Akhirnya saya mulai googling. setelah tidak puas dengan hasil yang didapat, karena ternyata setelah saya implementasikan pada saat instalasi belum berhasil.
Maka saya mencoba mencari dengan bottom line chipset yang tertanam dalam laptop v3660 ini. Hasil googling saya untuk mencari seri chipset dari laptop ini saya temukan di situs bhineka.com.

Saya mencoba mencari perbandingan keakuratan jenis chipset yang tertanam pada laptop saya, tetapi ternyata hal itu sulit membuahkan hasil yang saya inginkan, karena sebagian besar situs tidak mencantumkan jenis chipset untuk HP Compaq Presario v3660 ini, termasuk situs HP Compaq itu sendiri.

Jadi, berbekal kenekatan akan resiko yang mungkin akan saya terima bila ternyata seri chipset yang ditampilkan di situs bhineka tidak valid (terjadi corrupt/ crash pada saat instalasi karena driver tidak sesuai dengan hardware yang ada, hal ini bisa menyebabkan cacat fisik pada hardware - walaupun untungnya pada kasus saya ini tidak terjadi) .

Maka saya mulai step kedua, yaitu googling driver keyword chipset yang saya dapat dari situs bhineka.com, akhirnya saya sampai pada situs ini yang memberi link dimana saya bisa mendapat driver chipset tersebut. Ternyata driver tersebut ada dalam bentuk .exe (SP36131.exe), padahal yang saya butuhkan adalah bentuk .inf .

Maka yang saya lakukan adalah mengekstrak(install) file .exe tersebut di komputer lain. Hasil dari extract tadi secara default disimpan pada folder dgn path C:\SWSetup\SP36131, dimana terdapat 2 file dengan extension .inf .

2. Teknis penggunaan driver.
Lalu karena pada saat installasi XP standar, driver tambahan bisa diinstall dengan menekan tombol F6 diawal installasi dan dibaca melalui floppy disk. Oleh karena itu, seluruh file yang ada pada path C:\SWSetup\SP36131 saya simpan ke dalam floppy disk.

Timbul masalah lanjutan yaitu, laptop v3660 ini tidak dilengkapi dengan fasilitas floopy disk, sehingga saya membutuhkan USB floppy disk.Tetapi bagi yang tidak memiliki floppy disk terdapat cara lain, yaitu dengan meng-embed file2 driver pada CD XP, hal ini dapat dilakukan dengan software Nlite yang berfungsi menambah dan mengintegrasi driver tambahan pada CD OS XP.

Teknis pembuatan CD yang akan di-embed dengan driver dapat disimak pada tulisan saya sebelumnya. Oh iya, sebagai tambahan, sebaiknya semua source hasil extrakan file SP36131.exe yang secara default disimpan di C:\SWSetup\SP36131, di include semua pada saat pembuatan image CD di NLite.

Steps using NLite to embed driver in CD XP :

a. Path adalah path dimana kita, berisi seluruh file yang ada dalam CD XP.

NLite step 1

b. Proses ini di skip saja

NLite step 2

c. Pilih Drivers dan Bootable ISO

nlite_driver3.jpg

d. Import file-file hasil extract-an SP36131.exe, di path C:\swsetup\SP36131 (defaultnya). Di menu insert, pilih Multiple Driver Folder, lalu cari path C:\swsetup\SP36131 . Pada saat muncul windows Select Multiple Driver to Integrate pilih All, lalu OK

nlite_driver4.jpg

e. Pilih Textmode dan select semua driver

nlite_driver5.jpg

Next –> OK.

Maka akan terbentuk file .iso (image) yang selanjutnya bisa di burn di Nero ;>

3. Driver tambahan setelah OS XP dapat diinstal.
Ternyata permasalahan integrasi driver dan hardware pada notebook HP v3660 belum sampai disini. Ada lagi driver yang belum compatible dengan hardware yang ada, yaitu driver sound audio.

Maka saya mulai petualangan menjelajahi halaman-halaman pada situs Compaq , dimana saya berharap dapat menemukan driver audio yang sesuai.
Akhirnya saya memutuskan untuk mendownload driver audio untuk seri HP Compaq V3000 yang lain dengan tanggal update terbaru, karena dihalaman download driver untuk V3660 tidak tersedia driver audio dengan tanggal terupdate.

Ada 2 driver yang agak sesuai dengan hardware yang ada, yaitu sp35682.exe dan sp34386.exe. dan berhasil lah saya mendengarkan suara dari notebook hp compaq presario v3660 ini. Proses penjelajahan melalui google akhirnya terbayar dengan fasilitas notebook yang sudah bisa saya gunakan.

Untuk saat ini saya mulai bisa menikmati fasilitas2 di v3660 ini walaupun belum sepenuhnya, karena ada beberapa hardware yang belum saya dapatkan drivernya

Tapi untuk saat ini sepertinya belum menjadi masalah :D, tapi kalau ada waktu senggang dan mendesak untuk segera diinstal, maka saya akan mulai lagi petualangan untuk mencari driver yang tepat ;).


1 komentar:

Arif.Ust mengatakan...

Artikelnya bagus kata-katanya juga menarik mudah di cerna Trims ya infonya saya tunggu artikel selanjutnya, O..iya Boleh saya minta komentar dari teman untuk artikel di blog saya? Kalau Boleh Kunjungi blog saya, hari ini saya sudah posting artikel tolong komentarnya ya dan kalau bisa komentarnya harus berkaitan dengan artikel saya ini alamatnya http://regedit.blog.telkomspeedy.com
terima kasih banyak.