Sabtu, 16 Agustus 2008

ARTI LOMBA PANJAT PINANG




http://eventorganizerpadek.blogspot.com
www.suaramerdeka.com

Perlombaan Panjat pinang ini sesuai namanya, menggunakan pohon pinang yang telah di kuliti dan dilumuri dengan minyak goreng atau oli bekas. Di bagian teratas ada banyak hadiah, dari sekedar peralatan dapur, hingga sebuah sepeda motor atau bahkan kunci mobil. Biasanya panjat pinang dibagi menjadi kelompok kelompok, Yang membuat perlombaan ini seru adalah untuk mencapai hadiah- hadiah yang ada di atas di perlukan kerja sama dari semua peserta, karena sangat mustahil memanjat pohon yang licin sendirian. Peseta harus rela kotor – kotoran, dan di siram dengan oli bekas hanya demi mendapat hadiah.

Kenapa perlombaan ini selalu ada di setiap perayaan hari Kemerdekaan epublik Indonesia ? apakah arti dari perlombaan ini ?

Kalau kamu pernah menonton acara KABARET yang di siarkan di METRO TV ( saya lupa kapan tanggal siarnya ) disitu pernah di ceritakan arti dari perlombaan panjat pinang. Konon katanya perlombaan panjat pinang ini telah ada sejak jaman purba, ketika masyarakat eropa masih tinggal di gua gua & hanya mengenal makanan daging hasil buruan yang hanya di bakar saja, perlombaan ini telah dilakukan oleh nenek moyang kita. Nenek moyang orang Indonesia telah lama mengenal minyak goreng, yaitu yang di gunakan untuk melumuri pohon pinang perlombaan. Itu berarti pada zaman itu nenek moyang orang Indonesia telah menjadi manusia moderen. Tapi lihat sekarang, untuk mendapatkan minyak goreng saja orang Indonesia harus antri. Lihat bangsa-bangsa eropa yang mendapatkan minyak goreng dari Negara kita, hidup mereka lebih moderen dari orang Indonesia. Kenapa bangsa ini ? apakah kita sekarang masih di zaman purba ?

Perlombaan panjat pinang itu menggambarkan kehidupan politik bangsa ini. Untuk mendapatkan tempat teratas harus saling injak menginjak kepala orang yang berada di bawahnya. Setelah berada di tempat teratas dia menumpulkan hadiah yang terbaik untuknya, setelah itu baru sisanya untuk orang yang di injak injaknya tadi. Mungkin perlombaan panjat Pinang ini merupakan sindiran dari masyarakat Indonesia untuk para pemimpinnya.

Ketika SMP, guru saya pernah mejelaskan arti dari panjat pinang. Kira kira hampir sama dengan kata – kata yang saya kutip dari Artikel Mr. Freddy.com

Makna : semangat kebersamaan dan gotong royong untuk mencapai suatu tujuan.
Kita bisa lihat dari semangat para peserta yang menaiki pohon pinang tersebut yang sangat licin meskipun sudah jatuh berpuluh-puluh kali tapi mereka bersama-sama berfikir bagaimana bisa mendapatkan hadiah yang ada diatas.disini jelas hal ini mengajarkan kepada bangsa Indonesia untuk jangan pernah mau menyerah meskipun Negara kita diambang krisis harusnya kita semua bersatu dan berfikir bagaimana cara untuk menaikkan martabat bangsa Indonesia.”

Dikutip dari artikel (Makna dari Perlombaan HUT Kemerdekaan RI ) Mr. Freddy.com

Nah jika itu adalah arti sebenarnya dari perlombaan panjat pinang, tunggu apa lagi ? Berfikir , Berbuatlah Untuk kemajuan bangsa ini dan tinggikan martabat bangsa Indonesia di mata dunia. Kita sekarang masih berjuang, bukan untuk merebut kemerdekaan, tapi untuk membangun negeri tercinta.

Download Artikel

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)