Senin, 28 Oktober 2013

Memperbaiki Flashdisk yang rusak karena salah format saat membuat bootable flashdisk/ install dari flashdisk

Udah lama gak pernah nulis lagi, tutorial kali ini saya buat karena saya bersyukur flasdisk 32GB saya gak jadi rusak. Sebelum saya lanjutkan ke tutorial, saya mau berbagi cerita kenapa sampai flashdisk saya jadi rusak.
Begini ceritanya... 
Dini hari tanggal 29 oktober 2013 saya mau coba buat liveusb/bootable disk untuk install OS windows 8. Saya memutuskan untuk mencari referensi dengan searching di Google, banyak aplikasi + tutorial yg saya baca, gak tau kenapa saya mau pake ini aplikasi, nama aplikasinya "rufus_v1.4.0_ALPHA" 


Nih penampakannya 

Saya mulai ikuti tutorial yang ada, saat sudah sampai proses format dan writing image (file iso) saya start program dan saya tinggal nonton film "Taichi Zero" wkkwkw. pas flmnya dah habis, saya cek ke aplikasi rufus, eh  malah gagal tulis, dan al hasil flashdisk saya sudah tidak terbaca lagi di win explorer, ciri ciri rusaknya gini :

1. FD terbaca di Disk management tapi tak muncul di windows explorer
2. FD bisa di format dari disk management tapi tetap tak muncul di windows explorer
3. FD terbaca di sistem Linux, Tapi tak terbaca di windows
4. FD kedip2 (menandakan terbaca) tapi tetap tak muncul di windows explorer

Saya mulai searching lg di google cari cara memperbaikinya, nemu cara yang menyarankan untuk reset memory flashdisk katanya cari info tentang fd dengan aplikasi usbview, terus disuruh nyari info tentang Vendor ID (VID) sama Product ID(PID), disuruh nyari reseter yang pas buat tipe Flashdisk Kingston 32 GB Dengan controller "SSS6697HI-U6C",  pokoknya ribet bgt. Karena gak nemu reseter yang pas, akhirnya saya nyerah. Saya berfikir menghayal sambil merenung sejenak, yang ada dalam benak saya "aplikasi refus tadi ngeformat dulu baru nulis file isonya, seharusnya aplikasi ini bisa ngeformat flasdisk ini lagi supayakembali ke kondisi awal". Saya coba buka lagi aplikasi Refus nya, saya coba cari nama flasdisk saya, ternyata memang sudah tak terbaca. Setelah beberapa saat memandangi aplikasi ini ternyata ada pilihan untuk menampilkan drive tak terbaca, setelah di centang baru muncul "NO_DRIVE" dengan ukuran 32GB, dengan yakin saya pilih drive itu terus klik start format. tanpa Tulis iso. Dan akhirnya  TADAAAA,,,  FD SAYA AKHIRNYA TERBACA.

Tutorialnya :

1.  Colok FD yang rusak ke slot USB
2. Jalankan Aplikasi Refus, Kalo gak punya download aja nih >> rufus_v1.4.0_ALPHA
3. Centang "list non removable or unpartitioned USB disk"

4. Pilih disk yang kira2 Flashdisk kamu (lihat ukuran disknya/ sesuaikan dengan spesifikasi flashdisk)
5. Pilih Cluster Size (gua pilih 64K)
6. Hilangkan centang "create a bootable disk using "(Tanpa writing image/iso)
7. Berdoalah semoga berhasil
8. Start Aplikasi
9. Setelah selesai Cabut dan colokan kembali Flashdisk yang tak terbaca tadi.
10. Kalau kembali muncul, Selamat dan sukses untuk anda. 

Terimakasih sudah mau membaca, semoga berguna. ^_*






19 komentar:

Sewa Jas mengatakan...

Ini Template Linux ya gan ?

Anonim mengatakan...

100% work. Applikasi hebat. Thank's!

Unknown mengatakan...

tombol startnya tetep ga nyala

gesarn mengatakan...

work gan makasih

Unknown mengatakan...

Mksh ya udah bntu aq...

Anonim mengatakan...

Mantab keren banget ini terselamatkan juga flashdisk gw... ths ilmunya

Unknown mengatakan...

Rufus berkerja di linux tau windows untuk perbaiki flashnya???

Unknown mengatakan...

gan terima kasih tutorialnya..
sangat mmbantu...

Unknown mengatakan...

ok gan tutorialnya, saya pake aomei btw utk kasus ini. yg jadi pertanyaan adalah setwlah fd terbaca lagi di system, kenapa setiap mau dibuat utk bootable dengan format ntfs menggunakan rufus tetap write error, dan saya harus mengulangi lagi langkah utk memperbaiki fd ini, tapi kalo dibuat bootable windowsnya menggunakan format fat32 pasti berhasil

Unknown mengatakan...

ok gan tutorialnya, saya pake aomei btw utk kasus ini. yg jadi pertanyaan adalah setwlah fd terbaca lagi di system, kenapa setiap mau dibuat utk bootable dengan format ntfs menggunakan rufus tetap write error, dan saya harus mengulangi lagi langkah utk memperbaiki fd ini, tapi kalo dibuat bootable windowsnya menggunakan format fat32 pasti berhasil

alwaysupdate mengatakan...

Thx ilmunya gan, btw apakah bisa utk harddisk eksternal yg rusak?

Unknown mengatakan...

Masih work sampai sekarang.

Unknown mengatakan...

Mantappps

Unknown mengatakan...

Sempet putus asa, 4 fd gw rusak gara"ini, Alhamdulillah work 100% jos

muchlis mengatakan...

gila kagak kepikiran...
2x kejadian karana rufus yg pertama slve dengan cara yg lumayan panjang & ribet yg ke 2 nemu artikel ini simpel 1000% work

Thanks...

Anonim mengatakan...

fdnya malah ga kebaca gan

Anonim mengatakan...

Hampir saja FD dibuang karena kirain rusak.
Setelah baca artikel FD bisa digunakan lagi.

Bro Meching mengatakan...

Stelah googling kesana keemari. Akhirnya dapat cara yng ini. 2 Fd ku rusak gara2 bootable rufus. Dan ternyata hasilnya msih wrrite error. Ad solusi yng lain gak ?

Lutfhi Pranajaya mengatakan...

Mau gw coba gan, tapi pake ubuntu apa kebaca ya?